--> Cara mudah membaca partisi dan file Linux pada Windows
Home Komputer / Linux / Tips Tricks

Jika Anda mem-boot ganda Windows dan Linux, Anda mungkin ingin mengakses file di sistem Linux Anda dari Windows di beberapa titik. Linux memiliki dukungan bawaan untuk partisi Windows NTFS, tetapi Windows tidak dapat membaca partisi Linux tanpa perangkat lunak pihak ketiga.

Jadi kami telah mengumpulkan beberapa perangkat lunak pihak ketiga untuk membantu. Daftar ini difokuskan pada aplikasi yang mendukung sistem file Ext4, yang digunakan sebagian besar distribusi Linux baru secara default. Semua aplikasi ini juga mendukung Ext2 dan Ext3—dan salah satunya bahkan mendukung ReiserFS.


Ext2Fsd

Silahkan download  Ext2Fsd.

Ext2Fsd adalah driver sistem file Windows untuk sistem file Ext2, Ext3, dan Ext4. Ini memungkinkan Windows untuk membaca sistem file Linux secara asli, menyediakan akses ke sistem file melalui huruf drive yang dapat diakses oleh program apa pun.

Anda dapat meluncurkan Ext2Fsd di setiap boot atau hanya membukanya saat Anda membutuhkannya. Meskipun Anda secara teoritis dapat mengaktifkan dukungan untuk menulis ke partisi Linux, saya belum menguji ini. Saya sendiri akan khawatir dengan opsi ini—banyak yang bisa salah. Dukungan read-only baik-baik saja, dan tidak membawa risiko mengacaukan apa pun.


Aplikasi Ext2 Volume Manager memungkinkan Anda untuk menentukan mount point untuk partisi Linux Anda dan mengubah pengaturan Ext2Fsd.


Jika Anda tidak menyetel Ext2Fsd ke autostart saat boot, Anda harus masuk ke Tools > Service Management dan memulai layanan Ext2Fsd sebelum Anda dapat mengakses file Linux Anda. Secara default, driver secara otomatis memasang dan memberikan huruf drive ke partisi Linux Anda, jadi Anda tidak perlu melakukan apa pun ekstra.


Anda akan menemukan partisi Linux Anda terpasang pada huruf drive mereka sendiri di Windows Explorer. Anda dapat mengakses file di dalamnya dari aplikasi apa pun, tanpa perlu repot menyalin file ke partisi Windows Anda sebelum mengaksesnya.



Sistem file partisi ini sebenarnya adalah EXT4, tetapi Ext2Fsd dapat membacanya dengan baik. Jika Anda mencari file pribadi Anda, Anda akan menemukannya di direktori /home/NAME Anda.



Selain bermanfaat, aplikasi ini gratis sehingga bebas kamu gunakan.  













Baca juga :

No comments

Post a Comment

Punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. hyu isi koment dibawah.

to Top