Inovasi Atap Rumah menggunakan genteng papan tenaga surya .


Bosan dengan masalah listrik PLN yang sering mengalami pemadaman bergilir? atau lelah dengan biaya listrik bulanan yang terus membengkak!. Pada post kali ini Recalmaru berbagi informasi menarik mengenai inovasi masalah tersebut diatas untuk kamu terapkan dirumahmu. Tak perlu terlalu mengandalkan saluran listrik umum jika sobat sendiri dapat mandiri dengan saluran listrik mandiri dengan gratis untuk keperluan elektronik sobat.
Hyap..panel solar cell atau panel tenaga surya solusi praktis untuk kita terapkan di wilayah kita Indonesia ini, yang waktu bersinar mataharinya cukup lama untuk dapat kita manfaatkan sebagai sumber listrik kita.
Disini Elon Musk sudah berpikir jauh untuk menyediakan listrik mandiri bagi rumah-rumah tersebut, Dengan membuat genteng sel surya mini yang dapat diterapkan untuk rumah-rumah dimasa depan. 






Bagaimana awalnya panel surya ini dan lalu apa bedanya dengan panel surya konvensional yang dipasang orang di atas atap mereka yang sudah ada selama beberapa waktu terakhir ini ?
Untuk menjawab pertanyaan itu, kita harus kembali ke 2011. Dow Chemical Company adalah produsen pertama yang memasuki bisnis papan tenaga surya, meluncurkan PowerHouse Solar Shingle dengan cara kerjanya seperti berikut :
Papan cahaya matahari ditangkap oleh tembaga indium gallium (di) selenide (CIGS), yang memungkinkan sel surya film tipis untuk mencapai efisiensi konversi sebesar 19,9 persen - hanya 0,4 dari output maksimum dari panel surya standar.







Herpes zoster papan tenaga surya matahari yang hampir sama gunanya untuk menyerap sinar matahari seperti panel surya konvesional biasanya, Herpes zoster juga mudah dipasang. Panel surya konvesional, yang secara tradisional merupakan produk berbingkai besar dengan sel silikon, harus dibor di atap melalui dudukan yang ada dan dikunci dengan caulk untuk memastikan kedap air. Herpes zoster surya, tidak membutuhkan pengeboran. Mereka dengan cepat dikenal sebagai tambahan atap, tetapi sebenarnya menjadi atap itu sendiri. 
Bicara tentang keluar dari jaringan tanpa terlihat jelas. Jenis produk ini termasuk dalam kategori photovoltaics bangunan terintegrasi (BIPVs): modul surya yang dimasukkan sebagai bahan konstruksi. BIPV sudah menjadi topik hangat di gedung hijau, karena kita melihat sebagian amplop arsitektur biasanya diganti dengan fotovoltaik. BIPV secara estetis menyenangkan dan mengurangi biaya tenaga kerja dan pemasangan.








Contoh khas sistem atap BIPV; melalui Haidu
Kita sudah tahu bagaimana sistem tenaga surya bekerja dan telah melihat manfaatnya, tetapi kita belum tahu keberhasilan jangka panjang dari sistem tersebut yang tertanam dalam teknologi konstruksi. Lagi pula, pembangkit listrik langsung bukanlah sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh tubuh kita, tetapi sesuatu yang dapat dilakukan oleh bangunan. Dan dengan sirap matahari berfungsi sebagai produk atap pokok di masa depan, tidak ada akhir untuk penghematan - baik secara fisik dan finansial.
Tetapi menjual photovoltaics yang terintegrasi dengan bangunan belum terbukti mudah. Itu sebabnya perusahaan seperti Tesla, SunTegra dan PositiveTeedberlomba-lomba mengubah citra sirap surya. Herpes zoster SunTegra yang mereka tawarkan sebagai atap two in one dan solusi surya. Herpes zoster dan ubinnya masing-masing berbentuk memanjang, ramping, dan menempel langsung ke atap sembari berintegrasi dengan komposisi daya serap surya diatas ubin beton datar. PositiveTeed menawarkan pendekatan yang sama dengan Apollo II , menggunakan sel surya silikon efisiensi tinggi, monokristalin, untuk menghasilkan daya yang murni.









Proses pemasangan sirap matahari SunTegra memastikan tampilan yang mulus di samping sirap yang sudah ada; melalui TreeHugger








Namun, ubin surya Tesla adalah level upgrade. Setelah Dow menutup produksi sirap matahari tahun lalu, celah besar dibiarkan terbuka untuk perusahaan inovatif seperti Tesla - mobil tanpa pengemudi, minggir! - Untuk mengganggu industri tenaga surya lebih jauh dengan produk berpikiran maju yang terlihat dan bertindak seperti sirap biasa. SunTegra dan PositiveTeed menawarkan pemilik rumah sistem BIPV yang berfungsi dengan baik tetapi tanpa tampilan yang berbeda dari sirap atau genteng asli.
Musim gugur yang lalu, Tesla mengakuisisi SolarCity , pengembang dan penyedia layanan surya, untuk merekayasa sirap yang lebih ramping dan lebih kuat, yang tiga kali lebih kuat dari genteng atap standar.







Riasan ubin Tesla; melalui Tesla
Ubin Tesla (kiri) tahan lemparan batu besar, sementara ubin konvensional hancur;video melalui Tesla .
Ubin kaca tempered dikatakan mampu menahan dampak laju batu yang berkecepatan 100 mil per jam. Terlebih lagi, ubin surya Tesla yang elegan diatur untuk datang dalam empat bentuk yang menakjubkan pada tahun 2018 kemarin: model bertekstur, halus, tuscan dan batu tulis. Ubin ini, setelah disatukan bersama mencakup seluruh atap, akan dengan sempurna meniru tampilan sirap dan ubin normal.

Gambar melalui Tesla
Terlepas dari signifikansi teknologinya, ini adalah percakapan tentang estetika dan fungsionalitas. Tapi apa atap selain hal fisik yang menutupi dan melindungi bangunan? Itu adalah bagian dari kelongsongnya. Ini adalah bagian dari keseluruhan desain arsitektur. Ini memiliki potensi untuk menjadi cantik. Seperti yang diketahui semua arsitek yang baik, detail sekecil itu dapat memiliki kekuatan luar biasa.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
EmoticonEmoticon