STOP HOAX. Ini Cara Melaporkannya.


Hoax adalah informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa untuk tujuan lelucon hingga serius (politis). Dalam Kamus Bahasa Indonesia (KBBI), hoax diterjemahkan menjadi hoaks yang diartikan dengan “berita bohong”.

Sebagai pengguna internet yang bijak, kita harus punya tanggung jawab untuk menciptakan iklim internet yang sejuk dan kondusif . Jangan mudah percaya begitu saja dengan informasi yang tidak jelas, apalagi sampai ikutan latah menyebarkan nya.


Untuk apa menyebarkan berita hoax yang jelas tidak ada manfaat nya.

Hoax sangatlah berbahaya, karena dapat merugikan suatu pihak, menyebarkan fitnah hingga memecahkan persatuan suatu bangsa. Tentu anda tidak mau turut andil dalam perbuatan berdosa yang dapat memicu kerugian dan bahkan peperangan yang berawal dari media internet. Sebagai pihak yang bijak dalam berinternet Janganlah kita share artikel/foto/pesan berantai tanpa membaca konteks sepenuhnya  dan yakin akan kebenarannya.


Jika melihat konten negatif yang berdampak buruk, sebaiknya laporkan ke layanan aduan konten yang disediakan Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo). Laporan dapat melalui tiga kanal berikut ini:


  •  aduankonten.id
  •  Kirim E-mail ( aduankonten@mail. kominfo.go.id ) 
  •  Nomor WhatsApp: 08119224545

Anda sebagai Pelapor hanya perlu menyertakan screen capture tautan konten negatif yang ditemukan di internet. Setelahnya, laporan akan diverifikasi dan diproses lebih lanjut. Kominfo menjamin kerahasiaan data pelapor, sehingga tak perlu takut untuk mengajukan aduan.



Bagi saudara/i yg menemukan akun pendukung khilafah, terorisme, radikalisme, silakan laporkan ke sini*

https://twitter.com/BNPTRI 
https://twitter.com/CCICPolri
https://twitter.com/DivHumas_Polri i


Hubungi & informasikan jika melihat/mengetahui hal2 mencurigakan terkait aktivitas terorisme dan radikalisme.

Ayo kita tunjukkan kepedulian kita dengan gerakan sapu bersih berita hoax . Pastikan benar tidak nya sebuah berita, agar kita tidak menjadi korban berita hoax dan stop penyebaran nya agar tidak semakin meluas.




Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2018/05/14/12144577/teror-bom-munculkan-hoaks-dan-ujaran-kebencian-laporkan-ke-sini

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
EmoticonEmoticon