10 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Gratis untuk PC



Saat ini aplikasi edit foto atau editing photo software ter populer dan paling sering digunakan fotografer profesional dunia mungkin masih aplikasi Photoshop. Aplikasi photography Photoshop merupakan aplikasi yang sangat bagus dengan fitur yang banyak. Tetapi jika keuangan anda tidak akan mencukupi untuk membeli lisensi Photoshop, jangan khawatir, ada beberapa foto editor atau edit gambar gratis yang sangat baik.
Recalmaru telah mengumpulkan macam-macam aplikasi editing foto atau edit picture gratis untuk komputer maupun laptop/notebook Windows yang didasarkan pada fungsional editing, kemudahan penggunaan, efek artistik atau hanya cara cepat untuk menyempurnakan dan mempercantik foto Anda sebelum posting di FacebookTwitterInstagram, dll.

 1  Gimp

GIMP (GNU Image Manipulation Program) kembali rilis pertama kali pada tahun 1996, dan sejak itu terus diperbarui secara berkala, sehingga tidak mengherankan bahwa paket aplikasi ini menjadi aplikasi edit foto PC gratis terbaik paling powerful dan paling lengkap yang beredar saat ini.
GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix.Namun saat ini peranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.
Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pengembang dan pengelola GIMP memiliki visi produk GIMP untuk berusaha menjadi perangkat lunak grafis kelas atas dalam menyunting dan menciptakan gambar asli, foto, ikon, elemen grafis halaman web, dan seni untuk elemen antarmuka pengguna.
GIMP memiliki fitur lengkap yang bisa kamu gunakan seperti inserting tool, image tool, selection tool, layer tool, color tool, filter, clone tool, blur tool, smudge tool, pen tool, healing tool, airbrush tool, dll. Kamu juga bisa menambahkan bingkai/frame dan menggabungkan foto/ kolase menggunakan aplikasi ini.
Fitur - fitur yang dimiliki GIMP di antaranya:
  • Sebagai program untuk mewarnai.
  • Program penyunting foto berkualitas.
  • Sistem pengolah daring otomatis.
  • Penampil gambar (image renderer) dengan produksi massal.
  • Pengubahan / pengalihan format gambar.
  • dan masih banyak lagi.

Selain itu, GIMP juga menyediakan fasilitas ekspor/impor berkas Photoshop. Sehingga dapat menyunting berkas-berkas gambar yang sudah dibuat di Windows.


 2  PhotoScape

Mungkin PhotoScape tidak begitu menarik bagi ahli editing karena tidak ada dukungan layer, tetapi jika anda hanya ingin bersenang-senang dengan foto maka ini adalah cerita yang sangat berbeda karena Photoscape salah satu aplikasi ter-mudah dan gampang digunakan dalam daftar ini.
Ada ratusan gambar clipart siap untuk di tambahkan ke gambar anda. Misalnya anda dapat menambahkan speech bubbles ke gambar, menerapkan beberapa efek khusus, bahkan membuat animasi GIF.
PhotoScape dapat melakukan hal sebagai berikut:
  • Viewer: Melihat foto di dalam folder dan membuat slideshow.
  • Photo Editor: mengubah ukuran, kecerahan dan penyesuaian warna, white balance, koreksi latar, Bingkai, balooon, efek mosaik, menambahkan teks, menyisipkan gambar, cropping, filter, penghapusan red eye, blooming, clone stamp.
  • Photo-Batch Editor: Untuk memproses beberapa foto secara sekaligus, mengubah nama beberapa foto secara sekaligus.
  • Page : Menggabungkan beberapa foto menjadi poster-seperti halaman tunggal atau menjadi satu foto akhir.
  • GIF Animation : Membuat beberapa gambar menjadi animasi GIF.
  • Print: Mencetak foto untuk acara-acara tertentu, seperti foto Paspor, atau halaman berjajar seperti kertas grafik atau kalender.
  • Screen Capture: Menyimpan layar monitor ke file gambar.
  • Color Picker: Memilih warna dari layar piksel.
  • RAW Converter: Mengkonversi format gambar RAW ke format JPEG.
  • Face Finder: Untuk mememukan wajah yang sama melalui internet.



 3  Paint.NET

Untuk pemula, aplikasi paint.NET sangat pas karena memiliki fitur yang cukup lengkap serta mudah digunakan. Aplikasi edit gambar untuk PC ini mungkin tidak se-powerful dan keren seperti GIMP, tapi banyak yang menyukai Paint.NET. Paint.NET kuat pada dasar-dasar editing gambar, dengan opsi untuk mengubah ukuran, memutar foto, berbagai pilihan paint tools, dan beberapa efek khusus yang sangat baik.  Menariknya, dengan beragam fasilitas yang disediakan, aplikasi paint.NET tidak memungut biaya bagi calon penggunanya yang hendak mengunduh aplikasi ini. hal ini tentu berbeda dengan aplikasi lain yang mengharuskan kita untuk membayar demi memperoleh aplikasi yang mereka sediakan.



 4  Chasys Draw IES

Chasys Draw IES terbukti menjadi editor foto untuk PC yang sangat baik dengan banyaknya fitur penting. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini antara lain: paint dan drawing tools yang mempunyai cakupan luas, dukungan layer yang kuat, banyaknya efek khusus, penyesuaian warna dan pencahayaan, dukungan plugin Photoshop, dan banyak lagi.



 5  PhoXo

Aplikasi merubah photo PhoXo telah hadir hampir 10 tahun, dan selama itu PhoXo berkembang menjadi software editor photo yang sangat berguna yang bisa digunakan oleh semua orang. Meskipun tidak memiliki fitur selengkap adobe photoshop, namun anda dapat banyak belajar dari aplikasi edit foto yang satu ini. Untuk orang yang masih awam didunia foto editing, phoxo sangat pas karena didalamnya terdapat fitur-fitur sederhana yang dapat digunakan tanpa harus mengikuti kursus tertentu
Pada PhoXo terdapat fungsi untuk menambahkan watermark custom untuk seluruh gambar, paint tools, transformasi gambar, efek dan banyak lagi.


 6  Photo Pos

Photo Pos merupakanprogram gratis yang memungkinkan pengguna melihat dan mengedit file media grafis. Program ini dapat menampung file dalam jumlah yang tidak terbatas, termasuk file yang dilindungi kata sandi. Program ini dilengkapi berbagai alat editing seperti pengaturan transparansi, masker, efek foto, dan alat-alat skript grafis. Dengan aplikasi ini, foto yang diedit dapat dijadikan kartu ucapan, kartu nama, desain situs web, dll. Hasil media yang telah diedit juga dapat dikonversi dalam beberapa format file, sebelum dikirim via email atau dicetak. 
Ada banyak pilihan seleksi, berbagai macam paint tools, koreksi warna dan banyak lagi lainnya.



 7  IrfanView

IrfanView merupakan perangkat lunak multimedia gratisan untuk penggunaan pribadi dan non komersial.  Seperti namanya, IrfanView secara garis besar memang diperuntukkan untuk melihat gambar, sehingga kamu akan mendapati tampilan yang simpel, tetapi program ini juga mencakup banyak fungsi untuk editing. 
Kamu dapat memutar dan mengubah ukuran gambar, men-tweak warna, kecerahan dan kontras, menambahkan keterangan tulisan teks atau watermark, memperjelas foto, menghilangkan red-eye, dan menerapkan berbagai efek khusus.
Namun aplikasi ini Tidak bisa digunakan untuk membuat gambar dan fasilitas pewarnaan lainnya seperti yang disediakan Adobe Photoshop, Pixel image editor, Paint.NET ataupun GIMP. Aplikasi tersebut pertama sekali dibuat pada tahun 1996.
Program aplikasi tersebut dinamai sesuai dengan pembuatnya, Irfan Skiljan dari Bosnia dan Herzegovina.



 8  PixBuilder Studio

PixBuilder Studio merupakan mid-range photo editor PC dengan fokus yang kuat pada objek solid dan fitur yang praktis dan gratis.
Kamu yang sering menggunakan software editing gambar seperti Photoshop pasti tidak akan asing lagi dengan tampilan dan menunya. Ada berbagai tool standar image editor seperti mengubah ukuran, stamp tool, clone tool, healing brush tool, dsb. Selain itu ada juga fungsi manajemen warna seperti kecerahan/ kontras gambar, keseimbangan warna dan level manipulasi.
Tidak seperti editor lainnya, yang bisa anda tambahkan ke gambar bukanlah clipart kartun dan efek arty, di aplikasi ini kamu mendapatkan fitur-fitur praktis yang masuk akal seperti crop, resize dan rotate, koreksi warna, ketajaman filter blur, dan beberapa fitur untuk cetak ke printer.
PixBuilder Studio ini bahkan dilengkapi dengan Layers concept, multi-step undo, gradients and masks, dan text layers untuk melakukan proses editing dan menciptakan ilustrasi gambar.



 9  PhotoFiltre

PhotoFiltre lebih condong ke tools untuk retouching gambar daripada editor konvensional (PhotoFiltre hanya gratis untuk penggunaan pribadi). Walaupun begitu PhotoFiltre memiliki banyak fitur editing dan itu mampu menghasilkan beberapa hasil yang spektakuler seperti fitur photomask dimana akan memberikan efek transparansi untuk kontur gambar, memberi efek artistik dll.




 10  Photobie
Photobie adalah Image Editing software dengan fitur yang paling mirip dengan menangkap layar Photoshop ditambah canggih dan fitur bingkai foto editing. Dengan layar photobie menangkap Anda dapat mempersiapkan presentasi sangat sederhana. Photobie memiliki antarmuka pengguna yang sederhana.
Selain itu, jika Anda memiliki MS Word dan perangkat lunak lain yang membuat grafik tertentu atau font seni, maka dengan Photobie Anda dapat menangkap itu dan paste ke gambar apapun. Photobie mendukung multi-layer image retouching untuk mengedit gambar lanjutan.
Mulai pada versi 2.8, Photobie sekarang mendukung ribuan plugin Photoshop filter (.8 BF).
Fitur:
  • Umum Photo editing tool - mengubah ukuran, memutar, flip, keseimbangan warna menyesuaikan (termasuk kecerahan, kontras, saturasi, warna dingin-hangat, gammar, alpha); menyalin, memotong, pasta, pasta as image baru, tanaman (dilakukan dengan menggabungkan copy dan paste sebagai image baru); seleksi (termasuk persegi panjang, persegi, oval, lingkaran, poligon, tangan selection tool gratis serta Magic Wand juga), Anda dapat memilih wilayah yang kompleks dengan menggunakan mode seleksi seperti Single, Uni, Kecualikan, Perpotongan dan XOR, Anda juga bisa invert seleksi. Banyak lagi.
  • Flash Player - Fancy pemain memungkinkan pengguna untuk memainkan daftar file flash (swf.) Repeatly dan selektif.
  • Gif animasi - membuat animasi gif dengan / cara tanpa transparan dalam sederhana.
  • Format gambar yang didukung:
  • Bmp, Png, TIF,
  • Gif - mendukung pengkodean berkualitas tinggi transparan Gif.
  • Ico o - dapat menyimpan gambar sebagai Icon true color dengan 64 × 64, 48 × 48, 32 × 32, 16 × 16 ukuran.
  • Jpg - mendukung kualitas berbagai pengkodean (1-100)
  • Pob - Photobie spesifik multi-layer format gambar. format yang digunakan untuk menjaga barang dalam proses untuk retouching masa depan.
  • Multi-lapisan fitur - Dukungan lapisan terbatas; lapisan penggabungan, rata; menyalin seluruh lapisan, pasta, klon dalam citra atau gambar salib; banyak lagi.
  • fitur Lukisan * - menggambar bentuk seperti persegi panjang, oval persegi,, lingkaran, garis, garis dash, poligon, tangan bebas, kurva, ia mendukung warna gradien; mengisi bentuk sebagai recangle, oval persegi,, lingkaran, poligon, tangan bebas, dukungan gradien warna, banyak lagi.
  • Mengedit Teks - Dukungan font sistem yang paling; kualitas teks Tinggi; warna dukungan Gradient; efek teks 3D;
  • Screen Capture - Dukungan Screen Capture hotkeys, Anda dapat men-setup hingga 8 hotkeys untuk menangkap layar, Anda dapat mengatur hotkey untuk menangkap layar penuh atau jendela yang aktif, lebih.
  • Framing - Photobie menyederhanakan proses framing foto digital. Anda dapat merancang template frame favorit Anda dan kemudian menerapkan ke foto lainnya dengan cepat.
  • Dan banyak lagi.





Sekian Daftar aplikasi-aplikasi editing foto dengan lisensi gratis yang dapat anda manfaatkan untuk menunjang berbagai aktifitas editing gambar. selamat mencoba dan terus berkreasi.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
EmoticonEmoticon