Mengatasi Lag saat bermain game online dan offline pada android


Pengguna Android seperti kita-kita ini. Apalagi yang menggunakan smartphone kelas low - mid end sering kali harus merasakan Lag/patah-patah saat bermain game online ataupun offline dengan kualitas grafik HD. Sehingga mengurangi ke-asyikkan dalam menikmati permainan. Bahkan tidak kemungkinan pula membuat kita Badmood hingga sulit tidur karena kita kalah dalam permainan hanya karena mengalami Lag saat bermain.

Sebelum menjalankan tips ini, para smartuser haruslah mengerti apa yang menjadi kendala pada smartphone sobat sehingga mengalami Lag.

SPESIFIKASI HP RENDAH (LOW END) 
Setiap game Android khususnya Game HD membutuhkan spesifikasi tinggi. dan dapat memungkinkan terjadinya Lag bahkan bisa juga sampai FC (Force Close).

OVERHEATING
Kondisi overheating sangat memungkinkan menjadi penyebab Lag karena dapat menyebabkan performa Android sobat menurun. Jika saat sobat bermain game dan terasa panas. itu pertanda smartphone sobat telah digunakan melebihi batas normal. terlebih jika sobat menggunakannya sambil charge. .

TERLALU BANYAK APLIKASI TERINSTAL
Terlalu banyak aplikasi yang terinstal juga dapat menyebabkan Lag karena banyaknya aplikasi terinstal menyebabkan RAM sesak, sehingga smartphone sobat akan lemot dan lag saat bermain game .

TERDAPAT BUG PADA GAME
Tidak semua game itu sempurna apalagi game tersebut masih dalam masa percobaan. Biasanya masih banyak kesalahan atau bug pada game tersebut maka akan sangat memungkinkan terjadinya Lag.

Setelah sobat mengerti apa saja yang dapat membuat Lag dan melakukan beberapa pencegahan dari masalah diatas. Maka Sobat dapat mencoba Tips Advance dibawah ini untuk meningkatkan performa smartphoe sobat dalam bermain game. Namun,Perlu di garis bawahi. karena tips ini memerlukan usaha lebih karena diharapkan Android sobat telah melalui tahapan ROOT. 


  1     Opsi Pengembang 

Aktifkan Opsi pengembang pada Android sobat , lalu lihat "Batas proses latar Belakang"  Pilihlah "maksimal 1 proses"




  2     Seeder

Aktifkan Seeder dan samakan pengaturannya dengan gambar dibawah ini.




  3     XBooster

Ini adalah aplikasi untuk mempercepat kinerja processor dengan cara mengutamakan kinerjanya terhadap game yang sedang sobat mainkan.

Buka XBooster - Pilih " GAMING MODE " .




  4     Greenify

Aplikasi ini dapat membunuh semua aplikasi yang berjalan termasuk aplikasi ssstem bila anda telah memasang Xposed. Dengan fungsi tersebut, Memory sobat menjadi lebih lega dan kinerja smartphone semakin responsif.





  5     PingTools

Khusus jika anda bermain game online dengan menggunakan data selluler ataupun wifi. Aplikasi ini sangat berguna untuk menstabilkan penerimaan sinyal terhadap smartphone anda.

Klik    - pilih menu "Ping"  -  lalu pilih dipojok kanan atas  -  Klik "Setelan"  -  Edit  "Jumlah ping 3" Hapuslah sehinga tampil :" Jumlah ping tidak terbatas ". - lalu Klik "Simpan" .

Setelah pengaturan selesai. Jalankan PingTools dengan mengklik "Ping" (No 7 pada gambar) dan biarkan Ping terus berjalan sembari anda memainkan game online.






Tips-tips diatas ini dapat bekerja maksimal dan mengatasi lag dengan baik. Namun admin hanya mencoba ini pada Smartphone 1 dan 2 GB. Tidak dibawahnya.
JIka Sobat memiliki tips yang lebih baik. silahkan berbagi di kolom komentar. Thanks




Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
EmoticonEmoticon