Kumpulan Aplikasi Gratis Untuk Kebutuhan Perkantoran


Banyak sekali Jenis dari pekerjaan perkantoran . Pada umumnya pekerjaan kantor mencakup pembuatan dokumen, surat menyurat penting yang mesti didukung software Office supaya dapat tertata rapi dan terlihat formal. Namun banyaknya software saat ini merupakan aplikasi berbayar yang tentu saja perlu menguras kantong untuk dapat mengunakannya. 

Dibawah ini, Recalmaru akan berbagi software-software Opensource. Keunggulan dari open source software ini yaitu dapat di peroleh secara free atau gratis tanpa perlu membayar lisensi software. Dan biasanya open source software dapat di peroleh di internet.



  1     LibreOffice



LibreOffice adalah aplikasi yang dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Macintosh dan Linux,

LibreOffice sendiri merupakan sebuah Paket Aplikasi Perkantoran yang bersifat Free Software (yang artinya bebas digunakan)..


LibreOffice kompatibel dengan paket aplikasi perkantoran selaiaknya Microsoft Office. Format berkas dari Microsoft Office didukung cukup baik oleh LibreOffice ini., 



  2     OpenOffice






OpenOffice adalah perangkat lunak perkantoran sebagai salah satu alternatif pengganti Microsoft Office yang mungkin terlanjur mengakar pada kebanyakan pengguna komputer, 

OpenOffice secara kualitas setingkat dengan Ms Office. Jadi bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Ms Office akan cepat familiar dengan OpenOffice, itu dikarenakan menu dan fiturnya sangat mirip. Tidak hanya untuk para pengguna Linux saja, OpenOffice ini juga dapat diinstal pada sistem operasi Ms Windows.





  3     Sketchup


SketchUp merupakan sebuah program pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer dan profesi terkait. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi lebih mudah digunakan dibandingkan program CAD 3D. (sejak bulan Juni 2012, program ini sudah berganti pemilik dari Google menjadi Trimble Navigation Limited dan namanya saat ini Sketchup).

Selain mampu menciptakan model 3D, dapat pula mengkonversi gambar 2D menjadi 3D.  Pengguna bisa membuat proyek baru atau menggunakan dari hasil pengguna lain yang bisa di unduh dari komunitas Google Skectup.


Berbagai fitur disertakan dalam program ini, termasuk untuk menggambar (drawing), efek dan tektur. Dengan berbagai perangkat tersebut, pengguna bisa membuat gambar 3D tanpa batas, termasuk untuk desain arsitektur, map atau blueprint. Google Sketchup juga kompatibel dengan Google Earth dan Google Maps, sehingga hasilnya bisa ditempatkan di dalamnya.




  4     Inkscape

Inkscape merupakan aplikasi editor grafis vektor yang mirip dengan Illustrator, CorelDraw atau Freehand menggunakan Vector Graphics standar W3C Scalable (SVG). Dalam mengolah grafis bitmap, InkScape dapat disetarakan dengan Photoshop atau Gimp.
Inkscape dapat beroperasi pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac dan semua varian dari Linux.

Untuk keperluan perkantoran , InkScape dapat dimanfaatkan untuk desain web, diagram, pembuatan ikon, creative art, logo, dan lain sebagainya .



  5     CutePDF



Anda memiliki dokumen yang sifatnya dapat dilihat oleh banyak orang namun datanya tidak boleh diganti sedikit pun, maka dari itu Anda perlu mempertimbangkan mengubah format dokumen Anda menjadi bentuk PDF. PDF yang merupakan singkatan dari Portable Document Format dikembangkan oleh Adobe yang sudah banyak digunakan, aplikasi-aplikasi pendukungnya pun beragam. Salah satu aplikasi yang dapat Anda coba adalah CutePDF Writer. Aplikasi ini tergolong dalam tools software, dimana aplikasi ini terus berjalan secara background, dan dapat Anda manfaatkan saat akan mencetak dokumen ke dalam format PDF..

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
EmoticonEmoticon