DASAR-DASAR SISTEM TELEKOMUNIKASI




[1] Telekomunikasi



berasal dari kata tele yang berarti jauh dan komunikasi berarti proses pertukaran informasi antar individu melalui system symbol bersama. sehingga telekomunikasi adalah proses komunikasi yang dilakukan dalam jarak yang jauh.





[2] System Telekomunikasi



Sedangkan menurut UU RI no. 36 tahun 1999.Telekomunikasi adalah setiap pemancaran,pengiriman, dan atau penerimaan dari setiapinformasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat,tulisan, gambar, suara, dan bunyi melalui system kawat, optic, radio/system telekomunikasi lainnya.



System telekomunikasi adalah seluruh unsur /elemen baik infrastruktur telekomunikasi,perangkat telekomunikasi, perangkat telekomunikasi, sarana dan prasarana telekomunikasi, maupun penyelenggara.




[3] Pembangun system telekomunikasi

  1.  Informasi
  2.  Pengirim
  3.  Media transmisi
  4.  Penerima
  5.  Aturan/standart




[4] Prinsip kerja system telekomunikasi



Proses komunikasi pada system telekomunikasi dapat dilakukan 1 arah maupun 2 arah tergantung dari perangkat dan teknologi yang digunakan:
1.       Simplex (komunikasi 1 arah)
2.       Half diplex (komunikasi 2 arah secara bergantian)
3.       Full diplex (komunikasi 2 arah secara bersamaan)

Komunikasiadalah proses tukar menukar Informasi yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih.
Keterangan :
1. Komunikasi dapat terjadi kalau ada 2 orang atau 2 port/terminal yaitu ada Terminal Pengirim (Transmitter) dan ada Terminal Penerima (Receiver).
2. Komunikasi tidak akan terjadi kalau hanya ada 1 terminal saja, harus ada 2 terminal atau lebih (3, 4 atau banyak)
3. Informasi yang dikirim dapat berbentuk Voice (suara), Video (gambar) dan Data.

Telekomunikasi adalah komunikasi menggunakan alat bantu komunikasi (telepon, pemancar/penerima radio).

Dahulu, definisi Telekomunikasi adalah Komunikasi jarak jauh (karena tele=jauh). Pada zaman dahulu Telekomunikasi menggunakan alat bantu bunyi-bunyi seperti genderang, terompet, serta menggunakan asap dan cahaya. Cara berkomunikasinya menggunakan kode-kode seperti Morse

1. Saat ini orang sudah dengan mudah berkomunikasi dengan menggunakan alat bantu komunikasi seperti Telepon, Pemancar/Penerima Radio, Transciever (Transmitter/ Receiver), TRX (TX/RX).

2. Kemudahan tersebut memungkinkan penggunaan alat bantu komunikasi tersebut digunakan tanpa peduli jaraknya jauh atau dekat. Sehingga definisi Telekomunikasi yang dahulu diartikan sebagai komunikasi jarak jauh sudah tidak tepat lagi. Maka saat ini semua komunikasi yang menggunakan alat bantu komunikasi, tanpa peduli jauh atau dekat disebut telekomunikasi.




Berikut Presentasi lengkapnya :







Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
EmoticonEmoticon