Panduan Pemula World of Tanks



Permainan Android World of Tank (WOT) . saat ini dimainkan oleh jutaan pemain pecinta game FPS (First person shooter. dengan metode permainan Online player.

Artikel ini bisa menjadi tips dan trik dalam bermain WOT.



1. MEMULAI PERMAINAN
Disini ada banyak pertimbangan yg bisa kamu jadikan sebagai referensi. Bisa berdasarkan negaranya, Tanknya, atau kelas Tanknya, dll.
Jadi bisa dilihat kalau ditahap ini keputusan untuk memilih Tank benar2 kebebasan dari pemainnya sendiri. Nah, Tank mana pilihanmu

2. BATTLE  & VICTORY CONDITION
Untuk memulai perang klik icon warna merah yg ada tulisan "Battle!" di bagian atas tengah, nanti lgsg masuk ruang tunggu dan ga berapa lama kamu bakal lgsg masuk map pertempuran.
Di dalam map, kamu bakal dikasi waktu yg terbatas untuk menyelesaikan misi, entah itu merebut bendera musuh, mempertahankan bendara sekutu, dll (apapun misinya, kalau semua Tank musuh hancur tim kamu menang). Tank sekutu diberi ikon berwarna hijau dan musuh berwarna merah. Bendera musuh diberi area berbentuk lingkaran sebagai penanda Capture Area. Untuk merebut bendera musuh cukup berdiri di Capture Area bendera musuh, damage akan mengurangi capture point kamu, sementara musuh yg berdiri di Capture Area yg sama akan menghentikan regen capture point kamu. Good luck and happy hunt!
Selamat!!! Kamu telah menyelesaikan pertempuran pertama kamu. Entah kamu menang atau kalah itu ga masalah, kamu sudah cicip 1 pertempuran dengan Tank gratisan yg kamu sendiri ga tau Tank apaan itu. Sekarang saatnya kamu belajar hal2 umum dalam bermain WoT.



3. TIPS BERMAIN
  • Jangan jalan sendirian. Bareng sama temen 1 tim kamu(lebih bagus kl yg lebih pengalaman) entah itu jalan atau sekedar menunggu musuh. Ini akan membuat kamu menang jumlah & bisa saling backup, bantu dia dan dia pun akan bantu kamu. Pelajari caranya bermain, nilai baik-buruk cara bermainnya, tiru yg bagus & evaluasi yg salah.
  • Selalu awasi peta. Peta WoT berfungsi sebagai peta dan radar. Pelajari map, perkirakan bentuk nyatanya, pelajari rute2 teman maupun musuh, pelajari alur permainan dari pergerakan tim, dan jadikan informasi dari map itu sebagai perhitungan situasi dan kondisi yg sudah, sedang, dan akan terjadi.
  • Berhati-hati. Cari tempat sembunyi yg baik, saat bergerak pun persiapkan tempat sembunyi berikutnya(siapa tau disergap ditengah perjalanan). Hindari mengekspos diri sembarangan.
  • Tembak dengan efektif. Jangan menembak dengan sembarangan.Selain merugikan waktu penembakan yang memakan reload lama selain itu juga merugikanmu dari segi pengeluaran keuangan perang anda. Menembaklah saat kamu tidak bergerak, tunggu recticle tembakan mengecil sampai ukuran terkecilnya. Usahakan menembak bagian belakang, samping, atas, atau bawah Tank musuh untuk mempermudah penetrasi.
  • Jangan biarkan Tank kamu ditembak. Kalau kamu ditembak cari tempat sembunyi. Tunggu musuh menembak baru kamu keluar dari persembunyian dan menembak balik(beberapa Tank punya reload time yg lama, kamu bisa bebas menembak tanpa bisa balas ditembak saat musuh menunggu reload).
  • Fokuskan tembakan. Jangan pindah2 target, tembak 1 target sampai tidak memungkinkan lagi utk ditembak. Bantu teman kamu menghabisi targetnya. Prioritaskan target yg lebih mudah dihabisi atau berpotensi berbahaya.
  • Bertahan hidup. Tank yg masih hidup walaupun hanya tinggal 1 HP tetap bisa menghancurkan musuh. Kamu jauh lebih berguna saat tank kamu masih hidup, pertahankan kelangsungan hidup Tank kamu selama mungkin.

4. EXPERIENCE & FINANCES
Setelah menjalani beberapa pertempuran sudah pasti kamu menyadari bahwa setiap pertempuran akan diakhiri dengan pemberian reward berupa experience (EXP) & uang (silver). Pada intinya EXP dipergunakan untuk melakukan research teknologi peralatan/ Module Tank(senjata, turet, track, dll) maupun untuk Tank dengan Tier lebih besar. EXP yg kamu dapat dari Tank yg satu tidak dapat dipergunakan di Tank yg lain. 
Selain EXP ada juga yg disebut Free Experience. Dalam setiap pertempuran kamu akan mendapatkan bonus Free Experience sebesar 5% dari EXP yg kamu dapat. Free EXP dapat dipergunakan di Tank manapun. Beberapa player menabung Free EXP ini untuk tujuan2 tertentu dikarenakan flexibilitas penggunaannya. Sebagai contoh ada yg menabung Free EXP untuk digunakan di Tank2 Tier besar dikarenakan kebutuhan EXP di Tier VIII keatas sudah sangat tinggi.
5. RESEARCH
Hal ini bisa dilakukan di menu "Research". Menu ini tempatnya kamu mengupgrade Module Tank kamu menjadi lebih canggih. Upgrade Turet, Gun, Track, Radio, dan Engine kamu agar performa Tank mu lebih baik. Untuk membuka teknologi Tank di Tier berikutnyapun dengan proses yg sama. Setelah semua research yg tersedia di Tank kamu sudah terbuka maka Tank kamu akan mendapat titel Elite Tank dimana kamu bisa memfokuskan EXP yg kamu dapat untuk kru Tank (Tank Crew) kamu.
Harap diingat bahwa modul maupun Tank yg sudah kamu belanjakan EXP nya bukan berarti kamu sudah memilikinya. Untuk memilikinya kamu harus membelinya dengan silver. Setelah kamu memilikinya kamu bisa memasangnya di Tank kamu dengan mengklik kanan di gambar modul yg mau dipasang.
6. KLASIFIKASI TANK
Tier? Kelas? Apaan sih yg diomongin drtd? Kenapa ada Tank yg HP nya lebih besar dari Tank lain? Gw coba jelasin deh.
WoT membagi Tank nya dalam 2 kategori, Tier dan Kelas. Untuk Tier pada umumnya semacam level untuk menunjukkan Tank A itu seberapa jauh level nya dari Tank B. Tier dibagi dalam 10 level biasa disebut nya Tier I, Tier II, Tier III, dst s/d Tier X. Di setiap2 Tier ini semua Tank dianggap oleh WoT seimbang dan setara dengan Tank2 lainnya yang satu Tier dengannya. Semua pemain WoT memulai dengan Tank Tier I (kecuali yg beli pake Gold bisa langsung beli Premium Tank yg Tier nya diatas Tier I).
Sementara untuk kategori Kelas, WoT membagi Tank nya dalam 5 kelas:
  • Light Tank (LT)
  • Medium Tank (MT)
  • Heavy Tank (HT)
  • Tank Destroyer (TD)
  • Self-Propelled Gun (SPG)
6.1 Light Tank
Light tanks are the eyes and ears of the team. Use your superior maneuverability to spot the enemy, radio back to your team, and duck back quickly under cover before your opponents even know what happened.
Secara garis besar ini Tank yg cepat, gesit, daya jelajah (Movement Speed/MS) tinggi, dan punya daya pandang (View Range) yg cukup baik. Tank ini pada umumnya bertugas menjadi Scout untuk melaporkan posisi musuh kepada sekutunya. Daya tahan (Armor & Health Point) dan daya hancur (Damage & Penetration) pada umumnya sangat lemah, hindari adu kuat dengan tank musuh. Bergerak dan temukan musuh, bergerak lagi dan temukan musuh lagi, tembak hanya pada situasi dan kondisi yang tepat.
6.2 Medium Tank
Medium tanks are incredibly varied in their armor, speed, and firepower. Tailor your strategy to individual tank models and you'll find yourself taking on different roles from scouting, support or even front line attacks.
Tank ini punya keunggulan yang bervariasi, ada yg Speed nya tinggi, ada yg Damage+Penetration nya kuat, ada yg HP+Armor nya kuat. Singkat kata anggap saja Medium Tank sebagai Tank serbaguna. Medium Tank sangat efektif bila bergerak dalam kelompok dan membentuk regu gerak cepat(biasa disebut Wolf Pack) yg akibatnya bisa fatal bagi Heavy Tank sekalipun. Tembak musuh yg terlihat lalu cari posisi di belakang atau samping musuh untuk efektifitas penetrasi & menciptakan efek terkepung bagi musuh. 
6.3 Heavy Tank
Heavily armored and loaded with powerful guns, as a heavy tank you're a force to be reckoned with.
Seperti namanya, Tank ini berat, karena dia memiliki lapisan baja yang lebih tebal dan senjata yang lebih besar. Sebagai akibatnya Tank ini biasanya sangat lamban namun memiliki HP+Armor dan Damage+Penetration yang tinggi. Pada umumnya Tank di WoT punya Armor paling tebal di bagian depan, Heavy Tank mengeksploitasi hal tersebut dengan tampil di garis depan, melindungi yang lain dengan Armornya yg tebal dan menghancurkan musuh dengan Damagenya yg besar. Ingat bahwa Heavy Tank bisa dihancurkan!!! Hindari mengekspos bagian belakang dan samping, hindari juga berdiam diri di tempat terbuka terlalu lama.
6.4 Tank Destroyer
These well-equipped machines are meant to take out enemy armor from long distances completely unseen. Find a good hiding spot, switch to sniper mode, and eliminate easy targets from across the map.
Apabila kamu sangat terobsesi dalam menciptakan kerusakan signifikan pada musuh di setiap tembakan maka Tank ini adalah jodoh kamu. Di Tier yg sama hampir semua Tank bisa dipenetrasi oleh Tank Destroyer (dalam beberapa kasus Tank 2/3 Tier diatasnya pun masih sering terpenetrasi), dan di sudut2 sempit sekalipun akurasinya mendekati sempurna. Dengan Penetration & Accuration yg tinggi Tank ini diberikan kekurangan pada keleluasaan bergerak. Hampir semua Tank Destroyer(kecuali beberapa Tank Amerika) memiliki Fixed Turret (turet yg menyatu dengan badan Tank, jd memutar turet = memutar Tank), jadi berlincah-lincah di garis depan sangat tidak disarankan. Cari tempat tersembunyi(semak, tebing, dll) atau jauh dari musuh dengan sudut pandang yg cukup baik dan tunggu musuh memasuki area tembak kamu.
6.5 Self-Propelled Gun (SPG)
SPGs have thin armor, but possess immense firepower. With the ability to hit targets anywhere on the map from nearly any location, even under cover, SPGs can turn the tide of battle in the blink of an eye.
Tank ini melihat dari langit. Bukan bercanda, dalam Shift mode Tank ini memang benar2 melihat dengan sudut pandang burung. Sudut tembaknya membentuk parabola sehingga bisa menjangkau sudut yg sulit ditembak oleh Tank lain. Damage & Penetration ny sangat tinggi dalam beberapa kasus bisa menghancurkan musuh HP penuh dalam 1 tembakan. Diberi kekuatan yg berlebihan Tank ini diberi juga kelemahan dimana Reload & Aiming Timenya sangat lama. Tank ini berada di garis paling belakang (atau paling tidak tempat paling aman) karena Tank ini sangat lemah & lamban sampai2 menjadi buruan Light Tank. Cari teman untuk melindungi kamu dan tembaklah musuh yg kelihatan di map dengan menggunakan mode Shift. Bersabarlah saat menembak dan pastikan peluru yg kamu tembak mengenai sasaran.
7. INFORMASI TANK
Informasi dari web resmi WoT(http://worldoftanks.com/encyclopedia/vehicles) karakteristik utama sebuah Tank dibagi menjadi 3 bagian utama:
7.1 Mobility 
Pada dasarnya adalah mengenai kecepatan sebuah Tank baik itu kecepatan max saat berjalan lurus (speed limit), kecepatan berputar Tank(traverse speed), dan kecepatan putar turret(turret traverse speed). Memahami informasinya cukup simpel, semakin besar angka nya semakin cepat juga Tank kamu.
7.2 Armor 
Ini bicara soal lapisan baja Tank kamu. Setiap angka merepresentasikan tebal baja dalam milimeter (makin besar angkanya makin tebal armornya). Terdiri atas armor badan (hull armor) dan armor turret (turret armor) yang disampaikan dalam format front/side/rear (contoh: MS-1 memiliki hull armor 18/16/16, jadi MS-1 punya armor turet depan 18, samping 16, dan belakang 16).
7.3 Armament 
Terdapat beberapa informasi yang dicantumkan, salah satunya daya hancur (damage), daya tembus (armor penetration), dan rasio tembakan (rate of fire). Damage sudah cukup jelas makin besar angkanya makin menyakitkan daya hancurnya, sementara Rate of Fire adalah jumlah tembakan yg bisa kamu lakukan dalam satu waktu .maka makin besar RoF nya itu artinya makin cepat waktu utk isi ulang  peluru Tank kamu. Sementara untuk Armor Penetration ada perhitungan khusus untuk memahami angka yg diinformasikan .makin besar angkanya makin besar jg kemungkinan peluru Tank kamu menembus armor musuh. 
Diluar dari 3 bagian utama ini ada informasi2 lainnya seperti Weight/Load Limit, Accuracy, View Range, Signal Range, dsb. Informasi2 ini tidak kalah pentingnya tapi untuk informasi bagi pemula gw rasa belum cukup relevan jadi kalau kamu2 pingin data2 yg lebih mendalam bisa cari tau informasi2 ini di artikel lain yg akan datang. 
8. AMMO , EQUIPMENT, & CONSUMABLE
Selain peralatan2 wajib seperti Gun, Turret, dsb, kamu juga bisa menambah bawaan kamu kedalam pertempuran. Barang2 ini habis setiap pakai jadi harus disuplai ulang setiap kamu hendak masuk pertempuran, ini berarti kamu harus membelanjakan silver/gold kamu di setiap pertempuran. Semua barang2 tambahan ini bisa dibawa 3 jenis di setiap pertempuran. Untuk penggunaan kamu cukup memasangnya di slot yang tersedia dan tekan tombol antara 1 s/d 9 untuk pemakaian.
8.1 Ammo (slot 1-2-3)
Adalah amunisi untuk senjata kamu. Jenisnya bermacam2 mulai dari yg standar(belinya pake silver) seperti Armor Piercing(AP) & High Explosive(HE), sampai yg spesial(belinya pake gold) seperti APCR, HEAT & HESH. Amunisi ini harus diisi ulang tiap sebelum memulai permainan baru, jgn sampai lupa yah (bertempur ga bawa peluru mau nembak apaan mas?).
8.2 Consumable (slot 4-5-6)
Berupa alat2 untuk menanggulangi hal2 darurat seperti modul rusak, kru terluka, kebakaran, dll. Barang2 wajibnya biasanya small repair kit (alat perbaikan modul), fist aid kit (menyembuhkan kru yg luka), dan manual fire extinguisher (alat pemadam kebakaran).
8.3 Equipment (slot 7-8-9 tidak perlu dipencet untuk aktifkan tombol)
Adalah improvement item untuk Tank kamu. Bentuk improvement nya bisa bermacam2, ada yg bisa mengurangi aiming time (enhanced gun laying drive), menambah range view (binocular), dll. Biasanya harganya cukup mahal mulai dari 50.000 silver. Di Tier I s/d V barang2 ini tidak terlalu signifikan efeknya, namun di Tier tinggi barang2 ini menjadi sangat vital.







Game play video









Sumber: http://zadewa.com/world-of-tank/world-of-tanks-panduan-pemula-newbie-guide

1 komentar

ijin share gan..ane pecinta ni game

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
EmoticonEmoticon